Sabtu, 21 Januari 2012

cara belajar yang baik menurut the liang gie


BAB I
PENDAHULUAN

1.      Pengantar
Dalam psikologi pendidikan cara belajar berfungsi menerapkan kemampuan yang dimiliki setiap pribadi.[1] Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda, oleh sebab itu Banyak orang gagal dalam perkuliahan karena tidak memiliki cara belajar yang baik. Karena cara belajar bukan kemampuan, maka cara belajar perlu diperhatikan dan dipelajari. dalam paper ini kami akan membagikan cara belajar yang diberikan oleh The Liang Gie. kami berharap dengan paper ini pengetahian kita bertambah.
2.      Gaya Belajar
Gaya belajar adalah cara yang digunakan setiap individu untuk menggunakan kemampuan yang dimilikinya.[2] Gaya belajar menentukan hasil yang didapat oleh mahasiswa. Intelegensi atau kemampuan yang cemerlang tanpa diikuti cara belajar yang baik akan sia-sia. Gaya belajar menampakkan bagaimana kemampuan setiap individu.
3.      Siapa The Liang Gie
The Liang Gie adalah seorang dosen yang mengajar di Fakultas Filsafat Universitas Gajah Mada.











BAB II
PEDOMAN-PEDOMAN UMUM UNTUK BELAJAR

Belajar adalah segala rangkaian yang dilakukan secara sadar oleh seseorang,  sehingga mengakibatkan perubahan dalam dirinya yaitu penambahan pengetahuan atau kemahiran. Dalam belajar diperlukan sebuah cara yang efektif. Belajar yang efektif adalah belajar dengan menggunakan metode yang benar dan memperoleh hasil yang baik. [3]
1.      Kesukaran-Kesukaran Mahasiswa
Rintangan dan masalah yang banyak dihadapi oleh mahasiswa selain menyangkut macam-macam hal seperti kesehatan jasmani, keadaan keuangan atau kesulitan rumah tangga juga mengenai cara belajar. Berikut ini adalah beberapa kesukaran yang dihadapi oleh para mahasiswa pada umumnya:[4]
  1. Memulai
  2. Kesukaran dalam dalam mengatur waktu
  3. Ketidaktahuan mengenai ukuran-ukuran baku yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan tugas-tugas
  4. Kebiasaan-kebiasaan membaca yang lambat.

2.      Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa
Mengingat banyaknya kesulitan itu maka perlu diambil metode-metode yang tepat dalam belajar. Beberapa cara yang dapat dilakukan agar dapat belajar secara baik di dalam perkuliahan yaitu :
2.1  Cara Belajar yang Baik dalam Perkuliahan
2.1.1        Mengikuti kuliah dengan baik.
Kuliah akan berhasil dengan baik jika didorong oleh motivasi yang baik yaitu ingin mempelajari sesuatu. Cara yang dilakukan untuk itu adalah berusaha untuk hadir tepat pada waktunya, selain materi perkuliahan tidak terlewatkan juga tidak mengganggu perhatian teman dan dosen yang ada di dalam proses belajar. Dalam menentukan posisi yang tepat untuk proses belajar di kampus, sebaiknya mengambil tempat duduk yang terbaik dalam ruang kuliah (umumnya di bangku bagian depan), sehingga apa yang diperoleh dapat ditangkap dengan jelas. Jika seorang  mahasiswa berada di belakang maka ia cenderung untuk mengobrol dengan teman yang lain. Jika seorang mahasiswa dapat memperhatikan setiap pertanyaan setiap rekan mahaiswa dengan  baik dan mendengarkan bagaimana pertanyaan itu dijawab maka mahasiswa itu sudah melakukan yang baik dalam kuliah.
2.1.2        Membuat catatan yang baik
Cara yang baik adalah pertama-tama dengan mempunyai buku tulis yang baik dan disertai catatan mengenai nama dosen mata kuliah yang bersangkutan dan waktu perkuliahan berlangsung. Cobalah menulis apa yang anda pahami bukan apa yang anda dengar, atau dengan istilah lain yaitu “ bekerja dengan pikiran kita”. Tulislah semua definisi, bagan-bagan dan kalkulasi-kalkulasi. Setelah tiba di rumah cobalah untuk membaca kembali catatan yang telah dibuat dan cobalah melengkapi catatan yang dirasa belum lengkap dengan berbagai sumber, baik dari perpustakaan ataupun dari catatan teman yang lain ataupun membuat diskusi dengan teman sehingga hal-hal yang belum dimengerti dapat dipahami dengan baik.
2.1.3        Bagaimana Mengajukan Pertanyaan
Jika anda mengikuti perkuliahan dengan baik, dan dengan tekun membuat catatan singkat, mungkin akan ditemukan sebuah kesalahan pemahaman, ini bukan berarti anda tidak mengikuti perkuliahan dengan baik, tetapi karena adanya perbedaan jalan pikiran dengan dosen. Pertanyaan itu harus diajukan dengan baik, cobalah bartanya pada saat diberi kesempatan, bukan pada saat dosen sedang memberikan penjelasan.[5]
2.1.4     Perilaku di Perguruan Tinggi
Seorang mahasiswa yang baik harus memiliki kepekaan untuk mengetahui segala sesuatu tentang universitas dan pelajarannya. Diperlukan sikap disiplin dan tanggung jawab bagi mahasiswa untuk mengerjakan semua kewajiban dan tuntutan yang berlaku di universitas. Beberapa kebiasaan baik yang patut untuk dilakukan adalah berusaha hadir seperempat jam sebelum kuliah dimulai, berusaha mengerjakan tugas kuliah sebaik-baiknya. Berusaha untuk menjawab pertanyaan dosen dengan sebaik-baiknya bukan berusaha menghindar dengan jalan duduk di bagian belakang pada waktu perkuliahan.
Kembangkan kerjasama dengan teman-teman sekelas melalui diskusi dan belajar kelompok sehingga selain membantu orang lain juga membantu mengembangkan diri. Ada hal lain yang perlu diperhatikan yaitu kurangilah kebiasaan mengobrol denga teman-teman, selain membuang waktu juga kurang membantu teman yang sungguh-sungguh memiliki semangat untuk belajar.[6] Alangkah baiknya jika kesempatan yang baik itu digunakan untuk berdiskusi mengenai pelajaran yang telah lalu atau membahas tugas-tugas kuliah.
2.2    Cara Belajar Pribadi yang Baik
2.2.1   Tujuan Belajar
Belajar harus mempunyai tujuan dan motif yang jelas, tanpa tujuan dan motif yang jelas maka semangat lambat laun akan pudar, sebab tidak ada kepentingan yang  jelas dibalik semua usaha yang dilakukan. [7] Secara umum belajar memiliki tujuan yaitu[8] :
a.       Memperkuat tujuan ekonomi di kemudian hari.
b.      Menciptakan kesempatan untuk menjadi pemimpin dikemudian hari.
c.       Menimbulkan kepuasan bagi diri sendiri karena bertambahnya ilmu.
Karena itu setiap pelajar yang telah lulus sekolah menengah atas dan berencana untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, ia harus dengan segera memilih fakultas apa yang hendak dipilih dan bersiap melakukan apa saja untuk menyelaesaikan apa yang telah ia mulai.

2.2.2   Keteraturan dalam Belajar
Cara belajar yang efisien mengandung asas-asas tertentu yang tidak saja harus dipahami melainkan juga harus dilaksanakan. Prinsip itu sekurang-kurangnya menyangkut tiga hal yaitu : keteraturan, disiplin dan konsenterasi. [9] Pokok belajar yang baik adalah keteraturan, hanya melalui keteraturan maka seorang mahasiswa akan memperoleh hasil yang baik. Membaca, membuat buku catatan, dan menyimpan segala perlengkapan yang menunjang studi  harus teratur, sehingga cara yang sederhana ini  mampu untuk membentuk pola pikir menjadi lebih teratur. Usaha “cramming” atau belajar pada waktu malam hingga menjelang pagi, bukan merupakan sesuatu kegiatan yang efektif, tetapi akan menyebabkan mahasiswa tersebut terlalu lelah waktu ujian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar